Selasa, 25 Agustus 2015

Writing about future plan

Direction:  Make a composition about your future plan.
The following tips may help you.

Menulis Rencana Masa Depan

Sebuah rencana masa depan adalah deskripsi dari keputusan, niat, harapan dan impian untuk masa depan anda. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu dipertimbangkan ketika menulis rencana hidup.
1.    Memahami kebutuhan Anda.
Tulislah kebutuhan anda secara mental, emosional dan spiritual. Kasih sayang dan kepedulian mungkin menjadi salah satu kebutuhan emosional anda. Atau kemerdekaan dan kebebasan mungkin menjadi kebutuhan anda. Ingin ikut organisasi spiritual atau agama bisa jadi juga kebutuhan anda.
Tentukan kebutuhan fisik dan materi Anda. Misalnya ingin sehat dan bugar, hidup di lingkungan yang bebas polusi, ingin kaya atau yang lain.
2.    Mengidentifikasi kekuatan dan bakat.
Sebagai seorang mahasiswa, anda bisa mengidentifikasi tentang keunggulan anda pada mata kuliah tertentu. Kekuatan Anda mungkin dalam analisis, komposisi bahasa, perhitungan, mengingat atau pemecahan masalah. Hal lain juga  tentang tugas-tugas yang bisa anda lakukan dengan baik, seperti memecahkan masalah interpersonal, memimpin orang lain, membangun hal-hal atau menjawab pertanyaan orang-orang.
3.    Harapan dan impian anda.
Ini adalah aspek kehidupan yang menyenangkan yang anda harapkan. Aspek itu antara lain bisa jatuh cinta, memiliki anak, memiliki hewan peliharaan, memberikan kontribusi untuk tujuan mulia, dan merancang solusi untuk memecahkan masalah masyarakat.

4.    Gunakan daftar kebutuhan, kekuatan, dan harapan
Gunakan daftar kebutuhan (no 1), kekuatan (no 2), dan harapan (no 3) untuk menguraikan tujuan konkret anda. Sebagai contoh, kebutuhan untuk menjadi bugar dan sehat mungkin menyebabkan karir di kebugaran atau hanya komitmen untuk latihan beberapa kali per minggu. Bakat Anda dengan angka dan analisis dapat mendorong Anda untuk mengejar karir sebagai analis keuangan.
5.    Tinjau kembali tujuan hidup Anda
Tinjau kembali tujuan hidup Anda untuk memastikan semua aspek kehidupan Anda telah tertulis. Sebuah rencana hidup tersebut bisa menyeluruh meliputi pendidikan, karir, hobi, hubungan, anak-anak, serta  kegiatan spiritual.
6.    Periksa rincian rencana anda
Memeriksa rincian rencana hidup Anda sangat perlu. Anda perlu meninjau setiap kategori untuk memastikan bahwa anda telah mengungkapkannya secara menyeluruh. Misalnya, jika Anda berencana untuk menjadi guru, anda bisa menuliskan nama-nama sekolah target anda, di daerah dimana, dan apa yang akan anda lakukan disana.


Berikut contoh sebuah Future Plan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar